E-Filing Masyarakat Harus Ikut, Himbau Gubernur Riau

E-Filing Masyarakat Harus Ikut, Himbau Gubernur Riau

Portal Kampar Indonesia, Kampar Riau, kampar, Berita Riau, Portal Pekanbaru,  Berita Indonesia, Tapung Hilir, Bangkinang, Dumai, Roka Hulu, serambi mekah

Portal Kampar.COM – Bertempat di rumah dinas Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman selaku Gubernur Riau memberikan panutan bagi masyarakat dengan melaporkan SPT Tahunan lewat e-filing. Pelaporan e-filing secara simbolis dilakukan dengan penyerahan bukti pelaporan SPT oleh Kakanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau Kepri, Jatnika kepada gubri.  

Kakanwil Jatnika melalui rilisnya yang diterima Riau Pos, Selasa (28/3) berharap, Gubernur Riau bisa menjadi panutan bagi masyarakat untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dalam pelaporan SPT tahunan menggunakan e-filing. 

‘’E-filing adalah suatu cara penyampaian SPT tahunan PPh secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada laman (website) DJP online (https://djponline.pajak.go.id),’’ ungkapnya.

Bacaan Lainnya


Menurutnya, e-filing adalah sebuah produk inovasi perkembangan teknologi informasi yang disediakan untuk memudahkan sekaligus meningkatkan pelayanan kepada para pembayar pajak dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya. Dengan e-filing, kegiatan mengisi dan mengirim SPT tahunan dapat dilakukan dengan mudah dan efisien karena telah tersedia formulir elektronik di layanan pajak online yang siap memandu para pengguna layanan. 

Selain itu, layanan pajak online dapat diakses kapan pun dan di mana pun, sehingga penyampaian SPT melalui e-filing dapat dilakukan setiap saat selama 24 jam. Tentunya, dalam e-filing tidak diperlukan lagi dokumen fisik berupa kertas-kertas karena semua dokumen akan dikirim dalam bentuk dokumen elektronik. ‘’Hal inilah yang ingin ditunjukkan oleh Gubernur Riau sebagai panutan dalam penyampaian SPT tahunan,’’ ucapnya.   

 Pajak ini kata Jatnika, merupakan sumber utama penerimaan negara dan untuk itu DJP mengajak kepada masyarakat untuk bergotong-royong mendanai pembangunan nasional dengan menghitung, membayar dan melaporkan SPT tahunan secara jujur dan benar. Pelaporan SPT tahunan yang dilakukan dalam suasana santai usai makan malam ini menunjukkan bahwa laporan e-filing bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

sumber :  http://riaupos.co/

Pos terkait