HPPMP Angka Bicara Terkait Langkanya BBM Solar, Masyarakat Nelayan Palika Menjerit

Panipahan (Rohil), Redaksi86.comHimpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Kecamatan Pasir Limau Kapas (HPPMP) Pekanbaru, uring-uringan akibat ulah jatah BBM Subsidi diwilayah Palika merosot anjlok. Masyarakat nelayan yang ada di Panipahan ikut terbabit sulit untuk melaut mencari nafkah untuk anak istri, Rabu (30/08/2023).

Bacaan Lainnya

Adapun yang menjadi problem masyarakat nelayan Panipahan yang disuarakan oleh pengurus HPPMP periode 2023-2024 tersebut adalah terkait dengan kelangkaan minyak solar dan sulitnya dan berbelit- belitnya birokrasi pembuatan surat rekom minyak Dinas Perikanan Rohil di Era Kadis terkini menjabat super banyak bermasalah sementara tak ada solusi.

Pasalnya menurut Rozi saat ini sebagian besar masyarakat Panipahan yang berprofesi sebagai nelayan sulit untuk mendapatkan BBM. Kelangkaan itupun didasari karena adanya pengurangan DO minyak, yang awalnya 475 ton menjadi 175 ton, artinya ada sekitar 300 ton yang berkurang. Kita ingin biang kerok akar masalah inilah yang ingin diketahui kebenarannya,” ungkap Rozi.

Selain itu mereka juga menyuarakan terkait dengan surat rekom minyak yang diduga berpotensi terjadinya tindakan pungli di era Kadis yang bertahan sudah dua periode yang tidak ada membawa perubahan dan minim prestasi tersebut. Karena menurut Rozi pembuatan dokumen surat tersebut sulit untuk diakses karena pembuatannya berada di kabupaten. Terlebih lagi surat rekom yang dikeluarkan pun bersifat jangka pendek.

Menindaklanjuti aspirasi yang berkembang di Palika HPPMP Rozi mendesak Pemda setempat ikut bertanggungjawab dan dicarikan solusi. Sehingga tercetuslah dari pertemuan diskusi bahwa Camat Pasir Limau Kapas mengagendakan pertemuan (Audiensi) dengan pihak SPBU dan Dinas Perikanan Rohil besok kamis. Untuk itu HPPMP Pekanbaru mengundang seluruh masyarakat nelayan Panipahan untuk ikut hadir di Kantor Camat mendengarkan keterangan dari dua belah pihak tersebut agar menemukan titik terang.

Aspirasi yang disuarakan itupun dibukukan dalam bentuk pokok pikiran dan diserahkan langsung oleh Formature Ketua Umum HPPMP Muhammad Rozi dan Mide Formature HPPMP Al Hafi kepada Camat Pasir Limau Kapas Suwarno, S.Kom,.M.IP di Kantor Camat jalan bundaran Panipahan.**(Tamrin/Rudy.H)

Pos terkait