Kapolsek Pekanbaru Kota Dampingi Tim Polda Riau Laksanakan Program Jum’at Curhat di Kelurahan Kota Tinggi

PEKANBARU, Redaksi86.comPada hari ini Jumat tanggal 15 September 2023 sekira pukul 09.00 Wib, Kapolsek Pekanbaru Kota mendampingi pelaksanakan kegiatan JUM’AT CURHAT POLDA RIAU bersama masyarakat Kelurahan Kota Tinggi Kec. Pekanbaru Kota, yang digelar dirumah Ketua LPM Kel. Kota Tinggi Jl. Bintara No. 41 RT 01 RW 01.

Bacaan Lainnya

Pada kegiatan Jum’at Curhat ini dihadiri Kapolda Riau yang diwakili oleh IRWASDA POLDA RIAU KBP. HERMANSYAH, SIK, SH, M.H, Karo Rena Polda Riau yang diwakili AKBP SETIADI.SH, Dir Binmas Polda Riau diwakili oleh Wadir Binmas AKBP. DARMAWAN MARPAUNG.SIK, Wadir Intelkam Polda Riau diwakili oleh Kasubdit Kamsus Dit intek AKBP BOY AZHAR.SH.MH, Wadir Lantas AKBP NURHADI.SIK, Wadir Narkoba Polda Riau AKBP NANDANG LIRAMA,.SIK MH, Waden Gegana Polda Riau KOMPOL F.TAMBUNAN, Kaur Bidplin Polda Riau KOMPOL AGUS, Kanit IV Subdit 1 Ditresrismum AKP DASRIL.SH, KASISTNK SUBDITREGIDENT IPDA RIVO.SH, Kapolsek Pekanbaru Kota AKP MASJANG EFFENDI, SH dan Kanit Binmas Polsek Pekanbaru Kota IPTU ANTONI SIREGAR serta para Bhabinkamtibmas Polsek Pekanbaru Kota.

Sementara itu, Tim Jum’at Curhat Polda Riau disambut langsung oleh Ketua LPM Kelurahan Kota Tinggi YAN FAISAL bersama Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan masyarakat Kelurahan Kota Tinggi lainnya.

Rangkaian kegiatan diawali dengan Pembukaan oleh Mc, Pembacaan Doa dan Kata Sambutan dari Tokoh Masyarakat Kelurahan Kota Tinggi Kecamatan Pekanbaru Kota yang diwakili oleh Ketua LPM Yan Faisal.

Dalam sambutannya Ketua LPM Kel. Kota Tinggi mengucapkan terimakasih kepada Rombongan Tim Jum’at Curhat Polda Riau atas kedatangannya ditempat kami, kami Tokoh Masyarakat merasa Bangga atas kegiatan Jumat Curhat ditempat kami, dan kami sangat meminta perlindungan, saran dan petunjuk dari bapak terutama terkait Harkamtibmas dan masalah-masalah hukum lainnya,” ungkap Yan Faisal.

Sementara itu dalam sambutannya, Irwasda Polda Riau KBP Hermansyah SIK SH MH mengucapkan syukur kita kepada Allah yang telah memberikan kita kesehatan dan kesempatan sehingga kita bisa berkumpul di rumah Ketua LPM Kel. Kota Tinggi dalam rangka kegiatan Jumat Curhat,” ungkapnya mewakili Tim Polda Riau

Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Kapolsek Pekanbaru Kota dan Ketua LPM Kel. Kota Tinggi serta masyarakat yang hadir, kami datang disini tidak lain untuk bersilaturahmi dan saya selalu berikhtiar untuk teman-teman saya dan anggota saya agar meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT, Tuhan YME,” ucapnya.

Lanjut katanya, Polda Riau memiliki program Jumat Curhat yang akan terus dilakukan dengan tujuan sambil beribadah juga dapat bersilaturahmi dengan masyarakat, dengan kehadiran kami dapat terjalin kerjama sama yang harmonis guna terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan terkendali,” harap KBP Hermansyah.

Kami sangat senang datang kesini yang mana, Kami disini mengadakan Jumat Curhat, supaya masyarakat bisa bercurhat kepada kami, dan kami siap menjaga keamanan dan ketertiban, perlu diketahui selain Babinkamtibmas kita juga ada Polisi RW, yang mana untuk perlindungan dan pelayanan, dibentuk Polisi RW supaya bisa berkaborasi dengan tokoh masyarakat dan menyelesaikan permasalahan ditengah-tengah masyarakat,” jelas Irswasda Polda Riau menutup sambutannya.

Pada acara sesi tanya jawab, Bpk Edi Rahman (mantan Rw Kota Tinggi) menyampaikan, kami sangat bersyukur dengan keberadaan bapak-bapak kesini yang dapat menyambangi kami, disini kami mempertanyakan bagaimana kelemahan kami didalam menciptakan suatu kondisi yang aman itu dan kami selalu mengharapkan bimbingan dari bapak-bapak sekalian.

Selanjutnya, Bpk.Hendri warga Rw 04 Kota Tinggi bercurhat diantaranya :

  • Banyak terjadi kejadian pencurian di Kel. Kota Tinggi yang mana pelaku pencurian sering terjadi di jam-jam kecil/tengah malam
  • Minimnya rambu-rambu lalulintas dijalan Bintara Kel. Kota Tinggi ini, karna setahu masyarakat disini jalan hanya satu arah, dan sering terjadinya kecelakaan
  • Banyaknya Warnet di Kel. Kota Tinggi yang sering dibuka sampai pagi sehingga menimbulkan rasa kurang nyaman terhadap warga disini.

Kemudian pertanyaan terakhir dari Bpk. Irsad Hasan terkait hal apa saja yang sudah dilakukan oleh pihak Kepolisian untuk mencegah kriminalitas di wilayah Kelurahan Kota Tinggi

Dari beberapa pertanyaan dan curhatan warga Kel. Kota Tinggi, Tim Jum’at Polda Riau langsung memberikan Jawaban dan Tanggapannya sbb :

  • Kemajuan teknologi informatika semakin kedepan semakin maju, dengan demikian semakin mudah kita melakukan kegiatan, contoh untuk pelayanan pembuatan SIM, SKCK dan laporan kehilangan
  • Begitu aktif melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan norma-norma agama adab dan norma-norma hukum, Saya kira kalau sudah patuh dan taat terhadap norma agama norma adat dan norma hukum, maka saya pastikan kehidupan dilingkungan tersebut kehidupannya akan menjadi lebih baik.

Lanjut Jawab KBP Hermansyah SIK SH MH terkait di Jalan Bintara Kel. Kota Tinggi diharapkan kepada Kapolsek Pekanbaru Kota untuk lebih giat melakukan patroli diwaktu tengah malam. Dan kami berterima kasih sudah memberikan pertanyaan tersebut, untuk Pelaku maling tersebut apabila sudah diamankan agar segera laporkan kepada Bhabinkamtibmas dan akan dikoordinasikan ke Polresta Pekanbaru untuk segera mengamankan Pelaku Pencurian tersebut

Lanjut jawabnya lagi, dulunya jalan ini satu arah dan sekarang hilang tanda rambu-rambunya, nanti saya sampaikan ke Polresta untuk dikoordinasikan agar dipasang lagi supaya tidak terjadi kecelakaan kembali

Terkait maraknya pencurian kami sarankan masyarakat Kel. Kota tinggi untuk memasang CCTV karena dalam kecanggihan teknologi kita bisa melacak Face Recognition sehingga kita bisa dapat melacak keberadaan Pelaku Pencurian.

Kami akan tetap melakukan antisipasi dengan Patroli dan tindakan preventif, sudah banyak juga yang tertangkap terkait hal tersebut, namun disini kami juga mengajak kerjasama kepada masyarakat dengan cara memberikan informasi dan selalu berkoordinasi kepada Polsek terdekat, dan juga kita harus membentengi anak-anak supaya generasi kita tetap terjaga.

Kemudian dengan adanya Polisi RW ini untuk bersama-sama mengajak masyarakat kita yang belum benar menjadi benar, mari kita belajar untuk sama-sama mencegah terjadinya kejahatan yang ada di kota Pekanbaru ini. Untuk diketahui, kejahatan konvensional yang biasa terjadi seperti curanmor, jambret dan perampokan kemudian ada juga kegiatan-kegiatan lainnya yang sifatnya itu penyakit masyarakat seperti prostitusi kemudian narkoba. Nah disini saya informasikan kepada bapak-bapak bahwa untuk sebenarnya Provinsi Riau pada umumnya dan Kota Pekanbaru khususnya saat ini sedang rawan narkoba, apalagi kita tahu persis bahwa narkoba sangat mengancam masa depan anak-anak muda kita, ya hampir semua penghuni penjara kita saat ini adalah tersangkut dengan kasus narkoba, tentunya dengan kejadian ini harus menjadi atensi bagi kita semua,” tutup KBP Hermansyah SIK SH MH menjawab seluruh pertanyaan warga.

Dilokasi yang sama Wadir Lantas Polda Riau AKBP NURHADI.SIK juga berkesempatan menjelaskan terkait Tilang Elektronik atau Electronic Trafic Law Enforcement untuk menimilisasi pelanggaran lalu lintas. Dan adapun pelanggaran lalu lintas menjadi sasaran tilang elektronik di Pekanbaru adalah pengendara dibawah umur, menerobos lampu merah, tidak menggunakan Helm SNI, Mekanisme tilang elektronik di Pekanbaru yakni petugas menginput data pelanggar melalui aplikasi E Tilang, lalu petugas akan memberikan surat tilang kepada pelanggar melalui pos dan pelanggar akan membayar denda melalui nomor Briva dikirimkan ke ponsel pelanggar melalui E Tilang,” jelas AKBP Nurhadi SIK.

Kegiatan Tim Jum’at Curhat Polda Riau yang berakhir pukul 11.30 wib ditutup dengan sesi Foto Bersama, selama kegiatan berlangsung terpantau oleh awak media Redaksi86.com dalam situasi aman, lancar dan kondusif.**(red)

Pos terkait