Pj. Bupati Kampar Lantik Dan Ambil Sumpah 2 Orang Kepala Desa PAW dan 56 Pj. Kepala Desa Di Lingkungan Pemerintah Kab. Kampar.

Bangkinang Kota,redaksi86.com – Berdasarkan peraturan Bupati Kampar Nomor 72 Tahun 2019 Tentang Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu melalui musyawarah desa pada pasal 2 disebutkan ayat (1) dalam hal kepala desa berhenti dan/atau diberhentikan dengan sisa masa jabatan kepala desa lebih dari 1 (satu) tahun, Bupati menunjuk Pegawai Negeri Sipil dari Pemerintah Daerah sebagai Penjabat (Pj) Kepala Desa untuk melaksanakan tugas dan wewenang kepala desa sampai dengan dilantiknya kepala desa hasil pemilihan kepala desa antar waktu melalui musyawarah desa. Dan pada hari ini Pj. Bupati Kampar Hambali SE, MH berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kampar Nomor 757/DPMD/XII/2023, Nomor 758/XII/2023 lakukan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah terhadap 2 orang Sebagai Kepala Desa PAW dan Surat Keputusan Bupati Kampar Nomor 759/DPMD/XII/2023 terhadap 56 Orang sebagai Pj Kepala Desa Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar yang bertempat di Aula Kantor Bupati Kampar pada Sabtu (30/12).

Saat hadir dan berkenan melantik dan mengambil sumpah para Kepala Desa dan Pj. Kepala Desa, Pj. Bupati Kampar tampak didampingi oleh Plh. Sekda Kampar Drs. Yusri, M.Si Dt. Bandaro Mudo. Dan tampak juga dihadiri oleh Forkopimda Kampar atau yang mewakili, Pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar dan Camat se Kabupaten Kampar.

Bacaan Lainnya

Setelah lakukan pelantikan dan pengambilan sumpah, Pj. Bupati Kampar sampaikan berbagai pesan tegas kepada para Penjabat Kepala Desa maupun Kepala Desa PAW, agar dapat menjalankan amanah dengan sebaik mungkin dan penuh rasa tanggung jawab.

“Kita baru saja menyaksikan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala Desa pengganti antar waktu Desa Padang Mutung Kecamatan Kampar dan Desa Utama Karya Kecamatan Kampar Kiri Tengah karena sisa masa jabatan kepala desa sebelumnya lebih dari satu tahun sehingga dilaksanakan musyawarah desa khusus pemilihan kepala desa antar waktu yang dilaksanakan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pada 2 (dua) desa tersebut dan ini telah sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku” papar Hambali

“Selanjutnya berdasarkan ketentuan pasal 57 peraturan pemerintah nomor 47 tahun 2015 tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan undang-undang desa nomor  6 tahun 2014 tentang desa, disebutkan pada ayat (1) dalam hal terjadi kebijakan penundaan pelaksanaan pemilihan kepala desa, kepala desa yang habis masa jabatannya tetap diberhentikan dan selanjutnya Bupati/Wali Kota mengangkat Penjabat Kepala Desa, dan pada ayat (3) disebutkan  Bupati/Wali Kota mengangkat Penjabat Kepala Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dari Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Daerah Kabupaten / Kota” lanjut Hambali menyampaikan.

Dijelaskan juga oleh Hambali bahwa sehubungan dengan adanya penundaan (moratorium pemilihan kepala desa serentak secara nasional melalui Surat Menteri Dalam Negeri nomor : 100.3.5.5/244/sj tanggal 14 januari 2023 hal Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa pada masa Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 bahwa untuk menjaga stabilitas keamanan nasional saat diselenggarankannya pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah serentak maka dilakukan penundaan pilkades di masa pemilu tahun 2023 dan 2024. 

“Pengangkatan Penjabat Kepala Desa dari Pegawai Negeri Sipil Daerah merupakan kewenangan Bupati dan sewaktu-waktu dapat saja dilakukan penggantian dengan mengangkat penjabat kepala desa yang baru. untuk itu laksanakan tugas dengan baik dalam memimpin dan menyelenggarakan pemerintahan desa, saudara-saudari telah diberikan amanah, laksanakan dengan baik” tegas Hambali

Mengakhiri pengarahannya Pj. Bupati Kampar sampaikan ucapan selamat atas pelantikan sebagai kepala desa pengganti antar waktu dan penjabat kepala desa di Kabupaten Kampar,  dan harus melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, sesuai dengan fungsi, tugas, kewajiban dan kewenangan sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Pasangkan Pangkat dan Tanda Jabatan secara simbolis pada perwakilan, Pj. Bupati Kampar berkenan tanda tangani naskah pelantikan dan sumpah jabatan bagi Kepala Desa PAW dan Pj. Kepala Desa.**(Diskominfo Kampar /EMS).

Pos terkait