Posyandu Lansia Bersama Puskesmas Tapung Dan Ibu PKK Desa Indrasakti

Posyandu Lansia Bersama Puskesmas Tapung  Dan Ibu PKK Desa Indrasakti


Tapung,(Redaksi86.com) – Peran Posyandu Lansia sangat penting dalam penanganan orang tua lanjut usia, Posyandu ini dapat menjadi wahana pertama dan utama untuk meningkatkan edukasi pencegahan penyakit dimasa Lansia, hal ini yang membuat Ibu-ibu PKK bersama Tim Kesehatan Puskesmas Tapung mengadakan Pos Pelayanan Terpadu untuk lanjut Usia pada Selasa tanggal 09 September 2021 di Desa Indrasakti Kec.Tapung Kab.Kampar.

Read More
Mengadakan Posyandu disaat masa pademi covid-19 dan dianjurkan untuk ibu-ibu Lansia dan bapak-bapak lansia yang datang diwajibkan memakai masker dan mencuci tangan yg telah disediakan.
Saat di wawancarai oleh salah satu awak media Redaksi86.com, pihak Puskesmas Tapung menyampaikan bahwa Posyandu merupakan pilar utama dan garis pertahanan terdepan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. 
Di posyandu terdapat 5 (lima) meja yaitu : 1) pendaftaran, 2) pengukuran tinggi badan dan berat badan, 3) pencatatan, 4) penyuluhan gizi, dan 5) pelayanan kesehatan. Tugas meja ke-2 dan ke-3 ini penting dalam menentukan kesehatan dan vitamin Lansia terutama status tinggi badan menurut umur untuk mendeteksi kejadian penyakit.
Kader Posyandu Ibu PKK yang didampingin langsung oleh ibu Kepala Desa Indrasakti Ibu Jumiatun sebgai penggerak posyandu selain bertugas pada pengelolaan lima meja posyandu, ia juga mengingatkan masyarakat jadwal posyandu, menghimbau ibu hamil dan orang tua balita agar datang ke posyandu untuk memantau status gizi dan kesehatan di Desa Indrasakti Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar
Jika ditemukan Lansia yang mengalami masalah gizi, kader posyandu akan melaporkan kepada bidan desa dan merujuk kepada puskesmas agar mendapatkan penanganan. 
Kader  Ibu PKK juga yang menyalurkan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) dari desa ataupun puskesmas “pungkasnya.**(Rudi Candra)



Related posts