SMP EKA TJIPTA TERAPKAN PROGRAM UNGGULAN SEKOLAH YANG DISEBUT HOME VISIT

SMP EKA TJIPTA TERAPKAN PROGRAM UNGGULAN SEKOLAH YANG DISEBUT HOME VISIT


Tapung Hilir, (Redaksi86.com) – SMP Eka Tjipta Nagasakti yang berada di perkebunan milik Sinar Mas Group di Desa Sekijang Kec.Tapung hilir Kab.Kampar melaksanakan program sekolah yang disebut dengan HOME VISIT sebagai solusi untuk membantu siswa dalam memahami pelajaran dan meningkatkan kompetensi siswa dalam belajar. 

Bacaan Lainnya
Dampak dari Pandemi covid-19 yang disebabkan oleh Virus Corona mengakibatkan lumpuhnya berbagai sektor pemerintahan, terkhususnya pendidikan. Pelaksanaan pendidikan selama masa Pandemi Covid-19 berjalan tidak sebagaimana biasanya. Namun demikian, program disetiap sekolah harus tetap terlaksana dengan baik, begitu juga di SMP Eka Tjipta Naga Sakti yang harus terus menjalankan program-program sekolah yang sudah disusun. Seperti program untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, setiap hari Jumat SMP Eka Tjipta melakukan kegiatan pembacaan Yasin yang langsung dipimpin oleh Kepala Sekolah yakni Bapak Budi Haryono, S.Pd. Kegiatan ini bertujuan untuk memanjatkan doa supaya selalu diberi kesehatan dalam menjalankan tugas.
 

Menimbang situasi kondisi, Sekolah SMP Eka Tjipta Naga Sakti yang harus melaksanakan pembelajaran dari rumah (Daring) maka pihak sekolah menyusun program dan strategi pembelajaran jarak jauh sesuai dengan kompetensi yang dimiliki sekolah baik unsur guru, siswa, orang tua, maupun sarana prasarana. Selain memutuskan untuk menggunakan aplikasi whatshap (WA) dan aplikasi pembelajaran Edmodo, Aplikasi Google Meet juga akan diterapkan guna meningkatkan kualitas pembelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka dari itu, diperlukan kegiatan In House Traning mengenai pengenalan aplikasi google meet dan pembuatan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif yang dikembangkan berdasarkan kompetensi yang harus dicapai peserta didik.
Strategi yang diterapkan saat ini bukan tanpa kendala, suatu keputusan yang tidak mudah untuk menetapkan metode yang tepat agar tidak menjadi beban bagi siswa dan orang tua. Kita ketahui secara bersama bahwa saat mendampingi siswa belajar di rumah merupakan beban tersendiri bagi orang tua yang tidak memiliki latar belakang pendidikan yang cukup ataupun sarana dan fasilitas yang memadai. Apalagi sebagian besar pekerjaan orang tua siswa di SMP Eka Tjipta Naga Sakti adalah karyawan yang harus bekerja di pagi hari, tentunya sangat sulit untuk mengawasi anaknya dalam proses pembelajaran. Ada pun kendala yang berasal dari siswa sendiri, yaitu siswa kesulitan berkonsentrasi belajar di rumah dan mengeluhkan beratnya penugasan soal dari guru.
Maka Kepala Sekolah SMP Eka Tjipta Budi Haryono, S.Pd. memutuskan untuk patroli belajar ke rumah siswa yang disebut home visit. Kegiatan kunjungan ini dilakukan oleh seluruh Guru SMP Eka Tjipta Naga Sakti.
Kepala Sekolah SMP Eka Tjipta mengatakan bahwa hal yang diperlukan siswa dalam pembelajaran daring ialah pendampingan belajar dan diharapkan mampu membantu siswa dalam memahami pelajaran dan meningkatkan kompetensi siswa dalam belajar. Kegiatan home visit dilakukan seminggu dua kali di Lingkungan Pondok Peserta Didik masing-masing.”ucap Budi Haryono.
Budi Haryono, S.Pd menambahkan Peningkatan pendidikan dan penguatan literasi masyarakat di era pandemi Covid-19 sekarang ini menjadi strategi dan kerja sama antara satuan pendidikan dengan berbagai pihak harus terus dikembangkan secara terprogram dan berkesinambungan.”imbuh Budi Haryono.**(red)



Pos terkait